Mikroskop

Senin, 31 Juli 2023

Mikroskop


 Tentu saja dalam meneliti sel-sel tersebut membutuhkan alat khusus, mengingat ukuran sel yang sangat kecil tidak bisa dilihat oleh mata langsung. Pasti tahu ya alat untuk melihat benda yang sangat kecil kan? Yap, mikroskop.

Mikroskop diciptakan oleh Robert Hooke pada tahun 1663, nah ini bentuk dari mikroskop buatan beliau:

 

Selain itu ada juga Antonie Van Leeuwenhoek yang menciptakan sebuah mikroskop pada tahun 1674.

Setelah mereka berdua menciptakan mikroskop ini, banyak ilmuan lain yang berlomba-lomba untuk menciptakan mikroskop lainnya.

Nah seperti yang kita tahu bahwa mikroskop hanya untuk melihat benda yang sangat kecil, nah benda yang sangat kecil yang berukuran mikro itu disebut dengan mikroskopis. Jadi ada banyak dong ya jenis mikroskop? Yuk kita simak lebih jauh 

Mikroskop Cahaya

Beberapa mikroskop menggunakan cahaya yang merambat melalui lensa untuk menghasilkan suatu bayangan yang diperbesar, mikroskop tersebut dinamakan mikroskop cahaya. Mikroskop cahaya dibagi dua jenis yaitu:

-

Apa perbedaannya antara kedua mikroskop tersebutPerbedaannya terletak pada bagian atas dari mikroskop yang disebut dengan lensa okuler. Jumlah lensa okuler pada mikroskop monokuler hanya satu, sementara mikroskop binokuler memiliki dua lensa.

Nah kita sekarang simak bagian-bagian pada mikroskop cahaya yuk! Bagian-bagian mikroskop cahaya beserta fungsinya yaitu:

-

Semua benda yang disimpan dibawah mikroskop itu disebut dengan spesimen ya! Nah yang kalian nanti lihat lewat lensa okuler disebut objek gambar.

Objek gambar tentunya sudah diperbesar ukurannya, sesuai dengan fungsi dari mikroskop itu sendiri. Nih ada rumusnya juga dalam menghitung seberapa diperbesar sih spesimen tersebut:

-

Mikroskop Elektron

Selain mikroskop cahaya, beberapa mikroskop menggunakan sinar atau radiasi dari elektron karenanya disebut mikroskop elektron.

Mikroskop elekron mampu memperbesar suatu objek menjadi satu juta kali lebih besar, sehingga bagian-bagian terkecil dari objek akan nampak dengan jelas, hal tersebut tidak dimiliki oleh mikroskop cahaya.

artikel ini bersumber dari: 
https://www.medianekita.com/edukasi/2249533119/terbaru-dan-terlengkap-berikut-rangkuman-materi-ipa-kelas-8-kurikulum-merdeka-bab-1-pengenalan-sel

0 komentar :

Posting Komentar